Site icon Conservation news

Penggundulan Hutan Jatuh Secara Signifikan di Tahun 2010, Menurut Data Pendahuluan

Penggundulan hutan di Amazon Brazil turun secara signifikan sejak tahun lalu, menurut estimasi awal yang dikeluarkan oleh National Institute for Space Research (INPE) Brazil dan Imazon, LSM berbasis di Brazil yang melacak hilangnya hutan dan degradasi di seluruh Amazon.



Analisa dari data NASA MODIS oleh Imazon menemukan sebesar 1.488 kilometer persegi hutan dibuka selama 12 bulan yang berakhir 31 Juli 2010, turun 16 persen dari periode yang sama tahun lalu, di mana 1.766 kilometer persegi digunduli. Hampir separuh (47 persen) hutan hilang terlecak di kota Para, di mana ekspansi pertanian yang meluas dengan cepat. Mato Grosso, peternakan utama Amazon – dan kota produsen kedelai – termasuk dalam 23 persen penggundulan hutan yang terjadi selama periode tersebut.




Analisa penggundulan hutan dari Imazon dalam dua periode satu tahun, dengan merah merepresentasikan Agustus 2009 – Juli 2010. Imazon awalnya terbentuk untuk memastikan transparansi dalam laporan statistik penggundulan hutan Brazil, yang sejak 2003 telah dimuat dalam situs web INPE. Sistem Imazon adalah bagian dari platform pemantauan hutan Google yang dikenal sebagai Earth Engine.




Hilangnya hutan selama periode terbaru ini menyumbangkan 95,6 juta metrik ton karbon dioksida ke atmosfer, hampir sama dengan emisi tahunan dari energi yang digunakan di Yunani. Emisi di periode tahun sebelumnya diestimasikan mencapai 121 juta metrik ton karbon dioksida, menurut Imazon.



Degradasi – di mana hutan ditebangi atau dibakar tapi tidak secara keseluruhan dibuka untuk diubah menjadi pertanian – hampir ekuivalen dengan penggundulan hutan selama periode 2009-2010.






Sementara analisis dari INPE bahkan menunjukkan kejatuhan yang lebih tajam dari 4.375 kilometer persegi di bulan Agustus 2008 hingga Juli 2009 ke 2.296 kilometer persegi di periode sekarang, penurunan sebesar 48 persen. Selisih antara estimasi INPE dan Imazon merupakan hasil dari perbedaan bagaimana penggundulan hutan dilacak menggunakan data MODIS – Imazon menggunakan metode deteksi penggundulan hutan otomatis, sementara INPE secara umum menggunakan interpretasi visual dari analis. Keduanya menggunakan 31 Juli, ketika tutupan awan minimum, sebagai akhir dari “tahun penggundulan hutan”.



Klik untuk memperbesar.

Sementara kedua figur tersebut menunjukkan penurunan yang berkelanjutan pada tingkat penggundulan hutan dari pucaknya di tahun 2004, INPE dan Imazon memperingatkan bahwa hasilnya masih awal berdasar pada sistem “waspada” masing-masing, yang melacak penggundulan hutan mendekati waktu sebenarnya namun pada skala yang secara relatif “lebih kasar” yang hanya mendeteksi wilayah penggundulan hutan lebih besar dari 25 hektar. Data final, berdasarkan analisa dari data resolusi tinggi (wilayah penggundulan hutan 6,5 hektar), akan dipublikasikan nanti di tahun ini.



Gilberto Camara, Director General dari INPE, mengatakan bahwa tren terakhir ini menunjukkan penggundulan hutan skala kecil yang tidak terkena deteksi dari sistem peringatan DETER milik INPE akan menjadi kontributor penting untuk keseluruhan kehilangan di tahun 2010.



Penggundulan hutan tingkat kecil yang naik dalam persentase total penggundulan hutan mengemukakan bahwa pembukaan hutan muncul di sekitar pertanian dan peternakan yang telah berdiri, alih-alih memperluas melewati perbatasan, menurut Gilberto Camara INPE.

“Gambar yang terlampir menunjukkan evolusi daerah Amazonia yang ditebang habis,” ujarnya pada mongabay.com via email. “Setiap bar grafik mengindikasikan seberapa persentase dari penggundulan hutan total diasosiasikan pada pembukaan dari kelas luas tertentu. Jadi, sebagai contoh, di tahun 2002, 20% dari wilayah penggundulan hutan total diasosiasikan dengan pembukaan kurang dari 25 ha.”

“Pembukaan kurang dari 50 ha merupakan 30% dari total di tahun 2002, dan melonjak hingga 75% di tahun 2009. Ini menunjukkan tren menuju ekspasi lokal di wilayah yang sudah ada dan pengurangan di perbatasan baru. Dalam istilah umumnya, kami melihat sebuah konsolidasi dari wilayah yang telah ada.”



Laporan Imazon tersedia dalam bahasa Portugis di Boletim Transparência Florestal Julho de 2010 [PDF]. Laporan INPE dapat ditemukan di sini.




Exit mobile version