Site icon Conservation news

Foto satelit dari bangunan tertinggi di dunia dan pulau “Dunia” di Dubai

NASA telah mengeluarkan foto satelit terbaru yang menunjukkan pulau artifisial Dubai dan Burj Khalifa yang baru selesai, bangunan tertinggi di dunia yang tingginya mencapai lebih dari 800 meter (2600 kaki).



Proyek tersebut, yang dipromosikan besar-besaran selama pembangunan, sepertinya tidak dipikirkan dengan baik di tengah kekacauan pasar real estate Dubai dan dua bantuan finansial oleh Abu Dhabi, negara tetangga Dubai yang kaya minyak.



Proyek pulau tersebut – termasuk dua Pulau Palem (Palem Jumeirah dan Palem Jebel Ali), yang tampak seperti pohon palem yang distilisasi bila dilihat dari atas, dan 300 pulau yang menjadikan “Dunia” – kontroversial atas dampaknya pada lingkungan laut di sekitarnya. Pembangunan pulau Dunia membutuhkan sekitar 320 juta meter kubik tanah dan 37 juta ton batu untuk 27-kilometer-panjang breakwater pengamannya, semetara Palem Jumeirah membutuhkan lebih dari 50 juta meter kubik tanah yang dikeruk dari dasar laut.



Foto NASA, diambil 13 Januari 2010, memperlihatkan sedikit pembangunan infrastruktur di pulau Dunia (dimulai tahun 2003 dan selesai di tahun 2008) namun konstruksi besar-besaran di Palem Jumeirah (dimulai tahun 2001 dan selesai di tahun 2006).




Foto astronot ISS022-E-24940 diperoleh pada C dengan kamera digital Nikon D2Xs dengan lensa 400 mm, dan disediakan oleh eksperiman ISS Crew Earth Observations dan Image Science & Analysis Laboratory, Johnson Space Center. Gambar ini diambil pada Ekspedisi 22 kru. KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR


Exit mobile version