Site icon Conservation news

Pelancong Tertangkap dengan 200 Pound Gading Gajah di Empat Koper

Petugas bea cukai menemukan 16 buah potongan gading pada pria Malaysia berumur 62 tahun di Suvarnabhumi International Airport Thailand bulan Agustus. Informasi yang belum lama dikeluarkan menunjukkan bahwa pria ini membawa hampir 200 pound (90 kg) gading dalam empat kopor setelah mendarat dari Addis Ababa, Ethiopia.



“Thai Royal Customs berkomitmen untuk mengambil tindakan tegas untuk memastikan prosedur impor dan ekspor legal yang sesuai di bawah Konvesi Perdagangan Bebas pada Spesies Terancam Punah Fauna dan Flora ditaati pada setiap check-point di seluruh negara terutama Suvarnabhumi Airport,,” Bp. Ekalarp Rattanarut, Direktur Suvarnabhumi Airport Passenger Control Customs Bureau mengatakan dalam sebuah pernyataan.



Petugas bea cukai di Suvarnabhumi International Airport telah mencapai jumlah yang menakjubkan dalam penangkapan gading tahun ini, berjumlah total hampir 2 ton gading ilegal.



“Petugas bea cukai yang bertanggung jawab atas penangkapan gading di Thailan ini dan patut dipuji, meski kenyataan bahwa perdagangan seperti ini terus berlanjut menggambarkan bahwa pasar gading domestik Thailand merupakan masalah serius,” Chris R. Shepherd, Deputy Regional Direktur TRAFFIC Asia Tenggara mengatakan dalam sebuah rilis berita. “Kecuali Thailand mulai berpikir untuk melakukan penangkapan gading di pasar, kami takut perdagangan gading akan terus berlanjut.”



Thailand termasuk dalam tiga negara teratas – termasuk Nigeria dan Republik Demokratis Kongo – dalam perdagangan gading ilegal, menurut Elephant Trade Information Systems (ETIS) kumpulan data yang dikelola oleh TRAFFIC.



Meski gading dilarang oleh Convention on International Trade in Endangered Species (CITES), perburuan gajah telah naik dalam beberapa tahun ini di Afrika dan Asia. Saat ini Daftar Merah IUCN telah menetapkan gajah Asia (Elephas maximus) sebagai terancam punah dan gajah Afrika (Loxodonta africana) sebagai Rawan. Gajah hutan (Loxodonta cyclotis), yang dianggap sebagian orang sebagai spesies yang terpisah, belum dievaluasi. Gajah di seluruh dunia terancam oleh hilangnya habitat dan perburuan.







Petugas bea cukai dengan gading selundupan. Foto oleh: Suvarnabhumi Airport Passenger Control Customs Bureau.



Exit mobile version