Site icon Conservation news

Menghentikan Penggundulan Hutan Dapat Mendorong Agrikultur Brazil

Menghentikan penggundulan hutan di Amazon dapat mendorong keuntungan dari sektor agrikultur Brazil sebesaar USD 145-306 milyar, menurut perkiraan analisa baru yang dikeluarkan oleh Avoided Deforestation Partners, sebuah kelompok yang mendorong pembuatan Undang-undang Iklim A.S. yang mencakup peranan kuat untuk pelestarian hutan.



Analisa, yang mengikuti sebuah laporan yang meramalkan perolehan besar untuk petani A.S. dari progres dalam menghentikan secara bertahap penggundulan hutan di negara lain hingga tahun 2030, memperkirakan bahwa petani Brazil yang saat ini ada dapat melihat sekitar USD 100 milyar dari harga komoditas yang lebih tinggi dan peningkatan akses pada pasar. Sementara pemilik lahan di Amazon Brazil – termasuk peternak dan petani – dapat melihat USD 50-202 milyar dari pembayaran karbon untuk perlindungan hutan. Penaksiran ini tidak termasuk pendapatan dari pembayaran untuk pelayanan ekosistem lain, pertanian-hutan, atau ekspansi perkebunan kelapa sawit di lahan-lahan yang telah terdegradasi di wilayah tersebut.







“Perlindungan hutan tropis dapat memacu penggunaan yang lebih baik dari lahan-lahan agrikultur yang telah ada – seperti penggunaan ternak bibit unggul dan peningkatan perencanaan penggembalaan di sektor hewan ternak – sementara juga membuat daging sapi Brazil lebih atraktif bagi konsumen dunia yang mencari kepastian bahwa produk yang mereka konsumsi tidak terkait penggundulan hutan,” ungkap analisisnya, yang mencatat bahwa laporan sebelumnya hanya melihat pada dampak di A.S. dalam penghentian penggundulan hutan tropis.



“Laporan itu bukan analisa ekonomi dari dampak perlindungan hutan tropis di negara-negara tropis seperti Brazil dan Indonesia, dan sebaiknya tidak diinterpretasikan seperti itu,” tulis analisa baru tersebut.



“Sebuah review dari gabungan data untuk laporan tersebut dan penelitian yang dipublikasikan lainnya menunjukkan bahwa agrikultur Brazil, dan agrikultur di negara tropis biasanya lebih bisa mendapat keuntungan secara signifikan dari melindungi hutan tropis. Memang, penting untuk dicatat bahwa pendapatan bagi Amerika Serikat bukan berarti kekurangan di Brazil. Bahkan, melindungi hutan tropis akan menguntungkan kedua negara.”



Brazil sedang berada di tengah-tengan rencana ambisius untuk mengurangi penggundulan hutan sebanyak 70 persen dari tingkat di 1996-2005 pada tahun 2018. Rencana tersebut, yang akan mengurangi hampir 5 milyar ton, membutuhkan peningkatan secara kasar sebesar USD 20 milyar dalam pembiayaan untuk mendirikan dan merawat wilayah-wilayah yang dilindungi, memberi kompensasi bagi petani untuk membiarkan hutan, meningkatkan penegakan peraturan dan hukum, dan membangun industri yang berkesinambungan di wilayah tersebut.



Exit mobile version