Site icon Conservation news

Elle MacPherson mempromosikan penggunaan cula badak ilegal [Peringatan: Gambar Grafis]

Walaupun sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa cula badak tidak bersifat menyembuhkan, supermodel, pengusaha, dan saat ini adalah pembawa acara Britain’s Next Top Model, Elle MacPherson, berkata bahwa dia mengonsumsi bubuk cula badak sebab: “[ini] mujarab bagi saya”. Dalam sebuah wawancara dengan The Times Online via Twitter, Elle MacPherson berkata bahwa bahan ilegal ini rasanya seperti “tulang dan jamur yang diancurkan”.



Konsumsi cula badak, yang secara finansial menopang perburuan ilegal, secara historis maupun kini adalah penggerak dibalik penurunan jumlah badak di seluruh dunia, dan pada kasus-kasus dari empat subspesies: kepunahan menyeluruh.



Selain itu, saat ini empat dari lima spesies badak di dunia terancam punah, tiga dari spesies ini dianggap Sangat Terancam Punah. Terdapat kurang dari 50 badak Jawa dewasa dan kurang dari 250 badak Sumatra dewasa di dunia.



Setelah culanya diipotong oleh pemburu gelap seekor badak India perlahan-lahan mati. Foto oleh: Bibhab Talukdar dari Aaranyak, Assam.



Perburuan ini mencapai tinggi-15-tahun pada tahun lalu demi memenuhi permintaan cula badak. Para pemburu biasanya menembak atau membius hewan ini sebelum menggergaji culanya. Badak-badak ini seringkali mati akibat pendarahan.



Namun perburuan tidak hanya berdampak pada badak, para pengawas yang menjaga mereka terkadang berada di garis depan: bulan lalu seorang pengawas di India diculik oleh segerombolan pemburu dan dibunuh dengan dua peluru di perut.



Bubuk cula badak, seperti yang digunakan Elle MacPherson, tidaklah murah: tahun lalu satu kilonya kira-kira seharga $60.000, hampir $20.000 lebih mahal dari sekilo emas.



Meskipun ada diskusi untuk melegalkan perdagangan ini demi menekan harga cula badak dan menggunakan hasil penjualannya untuk konservasi, untuk saat ini penjualan maupun pembelian produk-produk cula badak dilarang di seluruh dunia oleh the Convention on Trade in Endangered Species (CITES).



Mongabay.com menghubungi kantor Elle MacPherson untuk meminta komentar, namun tidak mendapat balasan.





Source: Bush Warriors







Related articles


Exit mobile version