Site icon Conservation news

Wawancara dengan Rhett Butler

Rhett Butler, pendiri mongabay.com, berbicara dengan Laurel Neme di siaran radio dan podcast “The WildLife” tentang apa yang membisiki dia untuk membangun situs web lingkungan hidupnya dan juga mengenai beberapa kisah menarik dan aneh yang dia kejar di Madagaskar, Amazon, dan di sekeliling dunia.



Wawancara ini dilakukan di akhir Maret dan aslinya disiarkan 10 Mei 2010. Wawancara ini ditulis oleh Diane Hannigan.



Rhett mendirikan Mongabay.com di tahun 1999 dengan misi untuk meningkatkan ketertarikan dan apresiasi pada alam liar dan margasatwa, sambil memeriksa dampak dari munculnya tren-tren lokal dan dunia dalam teknologi, ekonomi, dan keuangan pada pelestarian dan pembangunan. Mongabay.com adalah sumber informasi independen, tidak berafiliasi dengan organisasi lain. Karena memiliki konten yang lebih eksklusif dan seringkali melaporkan kisah dan penelitian tentang lingkungan hidup yang banyak diabaikan, artikel-artikelnya kerap digunakan sebagai sumber oleh media-media terkenal seperti BBC, CNN, CBS, NBC, National Geographic, Wall Street Journal, Fortune Magazine, Business Week, Bloomberg, Discovery Channel dan lainnya. Menurut Google Analytics, Mongabay.com memiliki sekitar 1 juta pengunjung unik per bulan. Ini tergolong ke dalam 5.000 situs yang paling sering dikunjungi di A.S dan 10.000 di dunia. Di bulan April 2008, Time.com memilih Mongabay.com sebagai salah satu dari 15 situs web lingkungan dan iklim terbaik.



Rhett di Indonesia, Mei 2010.

Sebagai tambahan dari Mongabay.com, Rhett mendirikan Tropical Conservation Science, jurnal akademis yang bertujuan menyediakan kesempatan bagi para ilmuwan di negara berkembang untuk menerbitkan penelitiannya, dan wildmadagascar.org, situs yang menegaskan kekayaan biologis dan kultural spektakuler dari Madagaskar. Terlepas dari situs webnya, tulisan Rhett telah muncul dalam The Washington Monthly, Yale Environment 360, BBC News, Jakarta Post, Conservation Letters, GeoWorld, dan Trends in Evolution & Ecology. Dalam rangka pekerjaannya, Rhett telah melakukan perjalanan luas di Afrika, Amerika Latin, dan Asia Pasifik.



Wawancara dengan Rhett Butler



Laurel Neme: Sebelum kita berbicara mengenai petualangan perjalanan dan tulisan Anda, saya ingin memulainya dengan menanyakan hubungan antara Anda dan nama Anda dengan baik Clark Gable, atau karakter terkenal yang dia perankan di film klasik Gone With the Wind.



Maskot Mongabay, Scale-Crested Pygmy Tyrant di Costa Rica, 2008. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Well, nama saya memang Rhett Butler, yang terkenal karena itu adalah karakter utama dalam Gone With the Wind. Namun sebenarnya ada hubungan antara keluarga saya dengan aktor yang memainkan karakter tersebut, Clark Gable. Kakek saya sekamar dengan Gable saat aktor tersebut sedang mempersiapkan peran sebagai pilot tes. Gable ingin sekamar dengan pilot tes tapi tidak ada di dekat studio di mana film tersebut diambil. Kakek saya, satu-satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat saat ia di Angkatan Udara, adalah yang paling mirip pilot tes yang dimiliki pangkalan tersebut. Dia adalah orang yang baik untuk dikenalkan pada Clark Gable agar dapat mempersiapkan perannya lebih baik. Jadi saya memiliki hubungan itu, ditambah keluarga saya memang sudah bernama Butler dan orang tua saya memiliki selera humor, sehingga saya dinamakan Rhett.



Laurel Neme: Orang tidak akan lupa jadi itu bagus!



Rhett Butler: Orang cenderung mengingat namanya, jadi menurut saya ini sebuah keuntungan.



Laurel Neme: Saya penasaran apa yang pertama kali membuat Anda tertarik pada dunia alam.



Rhett Butler: Saya beruntung memiliki ibu yang merupakan agen perjalanan dengan spesialisasi “perjalanan eksotis” dan ayah yang memiliki banyak sekali mil frequent flier, jadi saya mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan perjalanan. Dan saya suka hewan. Karena banyak hewan di hutan hujan di dunia, saya jadi benar-benar tertarik pada hutan tropis. Seiring berlalunya waktu, beberapa tempat yang pernah saya kunjungi dirusak setelah saya mengunjunginya. Ini benar-benar mengecilkan hati saya. Saya khawatir apa yang akan terjadi pada hewan dan manusia yang tinggal di hutan tersebut. Jadi, itulah asal-muasal ketertarikan saya pada apa yang saya kerjakan saat ini.



Laurel Neme: Tempat apa yang Anda kunjungi yang dirusak? Bagaimana Anda mengetahui itu dirusak setelah Anda berada di sana?



Rhett Butler: Tahun 1990 saya melakukan perjalanan ke Ekuador, ke Amazon. Pada saat itu, ada banyak pembangunan berlangsung di sana. Sekitar 8 minggu setelah kunjungan saya, ada artikel di koran, The San Francisco Chronicle, tentang tumpahan minyak raksasa yang mengotori keseluruhan wilayah yang baru saja saya kunjungi. Yang saya lakukan selama itu hanyalah berpikir tentang semua minyak yang melapisi pepohonan, hewan. Saya baru berumur 12 saat itu, tapi itu benar-benar membekas. Lalu, kemudian, di tahun 1996, saya di Malaysia dan saya menjalin kontak dengan peneliti di sana. Beberapa bulan setelah saya kembali ke rumah, saya mendengar dari dia bahwa seluruh wilayah telah ditebangi untuk pengolahan bubur kertas. Lalu kemudian, itu diubah fungsinya menjadi perkebunan kelapa sawit. Ini adalah salah satu tempat yang saya kunjungi di mana saya melihat orangutan liar menyeberangi hutan, lalu beberapa bulan kemudian seluruh hutan telah hilang.



Laurel Neme: Di sekolah apakah Anda mempelajari biologi atau margasatwa?



Hutan hujan Sumatera di bulan Mei 2010. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Sebenarnya saya memiliki jalur karir yang tidak biasa. Latar belakang saya bukan pada wilayah ini. Saya lebih ke orang ekonomi, bisnis, jadi saya memiliki sedikit perbedaan pendekatan untuk melihat masalah ini. Saya selalu tertarik pada biologi dan pelestarian – dan saya membaca banyak di wilayah itu – tapi saya tidak mempelajarinya di sekolah. Saya belajar ekonomi dan matematika. Ini cukup berbeda, namun di kenyataan, pelestarian ini lebih kepada manusia daripada biologi – berinteraksi dengan manusia bagaimana secara praktis melindungi wilayah-wilayah ini. Ekonomi memainkan peran penting pada banyak keputusan yang dibuat yang bertalian dengan pelestarian. Saya ingin melestarikan sesuatu dalam rangka untuk melestarikan mereka, tapi sulit untuk membuat suatu justifikasi tanpa beberapa perhitungan ekonomi atau paling tidak melihat nilai ekonomi dari suatu situasi.



Laurel Neme: Apa yang membuat Anda beride untuk menciptakan situs web ini yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang alam liar dan margasatwa?



Rhett Butler: Asal Mongabau sebenarnya sebagai sebuah buku. Saya sedang membuat sebuah buku mengenai hutan tropis; ini ditujukan untuk pembaca dengan ketertarikan umum, pembaca yang sama dengan yang membaca Mongabay saat ini. Meski begitu, buku ini melalui beberapa putaran evaluasi profesional dengan pers akademis, namun kemudian pers tersebut mengatakan pada saya mereka tidak berencana untuk menerbitkan gambarnya – itu terlalu berbiaya. Ini seperti merusak inti dari buku tersebut. Saya memutuskan untuk menaruh buku itu online di Mongabay pada tahuh 1999 – sebuah masa kuno di tahun situs web. Itu adalah asal dari situsnya dan ini semakin meluas sejak itu.



Laurel Neme: Ide untuk mencetak foto merupakan perusak kesepakatan.



Rhett Butler: Yah, saya tidak keluar untuk mendirikan situs web untuk menarik banyak orang, saya hanya ingin untuk menaruh informasi tersebut di sana agar bisa digunakan secara bebas.



Laurel Neme: Apa yang terjadi? Sesulit apakah untuk mendirikan situs ini? Bagaimana ini bisa jadi terkenal? Barangkali Anda dapat memberi saya sedikit latar belakang tentang Mongabay bagi mereka yang tidak familiar dengan hal tersebut. Artikel jenis apa yang ditulisnya? Siapa pembacanya?





Nosy Mangabe di Madagaskar, Oktober 2009. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Mongabay merupakan situs berita lingkungan hidup dan ilmu pelestarian. Situs ini merinci apa yang terjadi di bidang pelestarian, situs ini meliput banyak jurnal dan konten berorientasi berita. Awalnya, situs ini tentang hutan hujan, dan ia melebar ke wilayah lain, namun fokusnya masih di hutan tropis. Dimulai tahun 1999, situs ini masih kuat hingga sekarang. Ia menarik sedikit di atas 2 juta pengunjung di setiap tahun di seluruh kontennya. Jelas ini situs yang besar. Ada bagian dengan foto perjalanan, dan ada bagian tentang Madagaskar, dan ikan tropis, tapi jantung yang sebenarnya dari situs ini adalah bagian berita lingkungan dan hutan hujan tropis.



Laurel Neme: Bagaimana Anda memilih nama Mongabay?



Rhett Butler: Pada saat itu, saya memilih Mongabay karena itu nama yang unik. Jika Anda mengetik “Mongabay” di internet, di tahun 1999 tidak ada hasilnya.



Laurel Neme: Dan sekarang?



Rhett Butler: Sekarang hasilnya sudah banyak. Nama ini diperoleh dari sebuah pulau di Madagaskar. Pengejaannya sedikit berbeda, tapi ini merupakan pulau yang sangat menarik. Pulau tersebut memiliki margasatwa yang luar biasa dan pesisirnya dengan pantai-pantai yang indah. Ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi. Pulau ini membekas dalam diri saya, jadi saya memperoleh nama tersebut dari pulau itu. Mungkin itu bukan nama yang terbaik, tapi nama itu yang saya pilih selama 11 tahun, dan nama itu menempel.



Laurel Neme: Bagaimana cara kerja Mongabay? Apakah Anda menulis semua yang ada di dalam situs?



Rhett Butler: Sampai beberapa tahun yang lalu, saya menulis semua yang ada di situs. Saat ini saya memiliki asisten yang mungkin menulis lebih banyak dari saya, paling tidak tahun ini. Namanya Jeremy Hance. Biasanya saya mendapat kontribusi dari orang lain yang ingin hasil kerjanya dipublikasikan di Mongabay. Namun saya bisa mengatakan sekitar 90-95% konten yang ada sekarang ditulis oleh Jeremy atau saya. Sebelum tahun 2007, hampir semua ditulis oleh saya. Situs hutan hujan ini berdasar pada buku yang saya tulis di tahun 90-an dan saya terus memperbaharuinya sejak saat itu.



Laurel Neme: Bagaimana Anda mendapatkan informasinya? Sering sepertinya Anda melaporkan kisah yang jarang ditemui di tempat lain, atau jurnal keilmuan yang sangat membosankan dan Anda membuatnya hidup.



Rhett di Sumatera, Indonesia, Mei 2010.

Rhett Butler: Saya memantau jurnal keilmuan dengan cukup dekat. Saya mengikuti sekitar 50 jurnal setiap minggu dan Jeremy Hance sekarang cukup banyak membantu. Jadi, banyak dari kontennya memang datang dari jurnal. Dan juga cukup banyak konten tulisan yang berasal dari perjalanan-perjalanan dan kontak personal saya. Isu terbesar saya saat ini bukanlah mencari kontennya, tapi mengerjakan konten yang datang melalui kontak personal dan sebagainya. Saya seperti dilimpahi terus-menerus kisah potensial yang datang melalui email. Masalahnya kebanyakan adalah masalah kapasitas untuk menyeleksi kisah-kisah tersebut dan meluangkan waktu untuk fokus pada apa yang mungkin menarik bagi pembaca.



Laurel Neme: Bagaimana Anda memilih topik apa untuk ditulis?



Rhett Butler: Mongabay merupakan, setulusnya, proyek saya. Mungkin terdengar lucu, tapi topiknya adalah yang menurut saya menarik. Sekarang setelah saya mengajak Jeremy, asisten penulis saya, ini sedikit mengubah beberapa hal karena dia juga dapat menulis tentang hal-hal yang menurutnya menarik. Intinya, kisah-kisah ini adalah topik yang menurut salah satu dari kami menarik, meski kadang kala ada topik yang berharga untuk menjadi berita yang tidak terlalu ingin kami liput tapi harus karena sekarang sudah banyak orang yang mengunjungi Mongbay.



Laurel Neme: Seperti apa?



Rhett Butler: Kadang kala peraturan iklim dan sebagainya. Ini hal yang penting untuk diliput, tapi sudah diliput dengan sangat baik di tempat lain. Kami mencoba lebih berfokus pada pelestarian margasatwa, hal-hal yang berkaitan dengan alam, daripada politik karena hal-hal seperti ini sering kali diliput dengan baik oleh sumber lain.



Laurel Neme: Apa yang pernah menjadi kisah paling menarik yang pernah Anda kejar?



Tokek uroplatus di Nosy Mangabe, 2004. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Well, akhir-akhir ini saya sering meliput tentang Madagaskar, yang merupakan tempat yang sangat istimewa untuk saya, tapi di sana juga banyak yang terjadi. Tahun lalu ada sebuah coup militer, yang melengserkan presiden terpilih secara demokratis. Yang dilanjutkan oleh periode kerusuhan. Struktur pemerintah secara keseluruhan hancur berkeping-keping. Secara mendasar, taman alami dengan keragaman biologis – yang berupa hutan hujan di bagian timur laut negara tersebut – dijarah oleh penambang komersil yang menebangi kayu keras bernilai tinggi. Tak hanya mereka mengambil kayu, tapi mereka juga memburu margasatwa, pasar hewan hutan komersil untuk kukang berkembang, yang kalau Anda pernah melihat kukang, ini benar-benar menyakitkan hati, karena mereka merupakan makhluk paling manis yang bisa Anda bayangkan. Jadi situasinya sangat menyedihkan. Saya meluangkan waktu dan usaha cukup banyak untuk meliput kisahnya saat hanya sedikit yang meliputnya. Saya menulis lusinan artikel dan mencari jalan untuk mengatasi masalahnya. Masih belum jelas dampak yang dibuatnya, namun saya telah memberikan informasi pada kelompok aktivis dan berusaha benar-benar untuk menampilkan hal ini. Usaha gabungan dari beberapa kelompok berhasil menutup perdagangan ilegal rosewood selama tiga bulan. Ini sekitar USD 500.000/hari dagang. Ini pencapaian yang cukup berarti. Lalu minggu lalu, penguasa transisi ini, yang pada dasarnya merupakan pemimpin coup Madagaskar, mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan dua hingga lima tahun moratorium untuk ekspor kayu. Ini merupakan kemenangan dalam masalah perdagangan Madagaskar. Tidak jelas apakah moratorium tersebut akan ditegakkan, tapi dengan mengumumkan sesuatu, paling tidak mereka mengambil langkah untuk mengatasi masalahnya. Ini harapan yang cukup.



Laurel Neme: Apakah ada [kisah] lainnya yang sangat menarik atau penting?



Rhett Butler: Ada satu lagi beberapa tahun yang lalu yang cukup penting. Ini berkaitan dengan rencana pendirian perkebunan kelapa sawit raksasa. Kelapa sawit digunakan untuk membuat minyak kelapa. [Ini terjadi] di pulau lepas [Papua] Nugini – pulaunya bernama Woodlark. Yang membuat Woodlark istimewa adalah kenyataan bahwa tempat itu memiliki spesies endemis dan sebagian besar ditutupi hutan.



Laurel Neme: Lalu, apa yang terjadi?



Ibu dan bayi tarsius di Sulawesi, Mei 2010. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Bocoran mengatakan perusahaan tersebut telah membeli hak penambangan hingga 70% pulau yang ada dan mereka berencana untuk mengubah semuanya menjadi perkebunan kelapa sawit tanpa mempedulikan penduduk lokal. Mongabay benar-benar meliput kisah itu dan Jeremy Hance yang memimpin usahanya. Hasilnya adalah serangkaian artikel dan membawa artikel tersebut ke muka orang-orang yang tepat adalah dasarnya, rencananya pun larut; rencana tersebut tidak diteruskan. Saat ini pulau tersebut masih dipenuhi hutan. Saat berita bahwa penebangan di Woodlark tidak akan terjadi, itu merupakan saat-saat yang membahagiakan.



Laurel Neme: Wow! Bagaimana cara Anda meliput kisah seperti itu? Saya tahu Anda banyak berpergian. Apakah Anda juga datang ke sana, atau menggunakan telepon setiap kali?



Rhett Butler: Saya kerap berpergian, tapi tidak cukup untuk mengunjungi seluruh tempat ini untuk menulis tulisan tersebut. Biasanya, saya berinteraksi dengan banyak orang di lapangan. Telepon dan email adalah cara utama untuk meliput sebuah kisah. Namun, saua berpergian. Saya baru saja melakukan liputan dalam satu bulan melaporkan Kolumbia. Saya hanya belum mempublikasikan apapun mengenai perjalanan itu, tapi saya melakukan perjalanan untuk melihat ke dalam suatu kisah. Ini adalah laporan dari lapangan, namun saya melakukan perjalanan untuk mewawancara orang-orang ini di tempat-tempat tersebut.



Laurel Neme: Kembali ke Madagaskar. Apa yang membuat Anda tertarik pertama kalinya tentang Madagaskar?



Rhett Butler: Apa yang pertama kali menarik saya pada Madagaskar adalah margasatwanya. Ini adalah margasatwa yang luar biasa. Kukang, bunglon, makhluk aneh seperti Tenrec dan Mongoose.



Laurel Neme: Apa itu Tenrec?



Rhett Butler: Tenrec ini seperti landak kecil. Tapi mereka memiliki banyak ragamnya. Ada satu yang hampir menyerupai platypus atau berang-berang, ada beberapa yang seperti tikus tanah – ini merupakan keluarga mamalia yang aneh. Jadi itu yang menarik saya ke Madagaskar untuk melihat makhluk-makhluk ini. Perjalanan saya yang pertama di tahun 1997. Saya mengalami perjalanan yang sulit.



Laurel Neme: Apa yang terjadi?



Rhett Butler: Banyak yang terjadi, rentetan kejadian buruk. Saya dirampok semua yang saya miliki pada hari pertama. Saya berada di dalam kapal yang tenggelam. Saya diinterogasi polisi. Saya diserang oleh orang dengan pisau di pantai. Satu dan yang satunya berkelanjutan.



Laurel Neme: Dan Anda masih ingin kembali ke sana?



Foto cicak siang yang menjadi dasar dari logo kadal mongabay.com, Madagaskar 2004. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Itulah. Saya tetap mendapatkan perjalanan yang menarik. Saya tetap melihat banyak margasatwa dan mengalami pengalaman yang tak terlupakan. Beberapa tahun kemudian saya menyimpulkan bahwa perjalanan selanjutnya tidak akan lebih parah dari perjalanan pertama. Sekarang saya telah beberapa kali kembali dan itu adalah daerah favorit saya untuk dikunjungi. Saya menyarankan dengan sangat bagi semua orang untuk datang ke sana. Well, siapa saja yang cukup fleksibel untuk menghadapi beberapa kesulitan tak terduga di waktu-waktu tertentu. Namun, margasatwa di sana benar-benar hebat. Sekali Anda benar-benar berinteraksi dengan atau melihat kukang ini dari dekat, itu akan lebih menakjubkan dari yang dapat Anda bayangkan.



Laurel Neme: Seperti apa itu? Berapa banyak kukang di sana?



Rhett Butler: Jumlah kukang telah berkurang sekitar 50 ekor, lima belas tahun yang lalu, dan sekarang lebih dari 100 ekor. Pada dasarnya, mereka menemukan bahwa lebih banyak kukang dari yang sebelumnya mereka percaya. Mereka melakukan analisis genetis dan membandingkan kukang yang mereka kira sama, namun sebenarnya berbeda. Kukan itu ada banyak. Yang menakjubkan adalah, meski Madagaskar telah banyak digunduli hutannya, masih ada keragaman hayati dalam jumlah yang luar biasa yang hidup di pecahan-pecahan sisa hutan yang ada. Tapi yang menarik dari Madagaskar adalah bahwa hewan-hewannya… kata yang tepat adalah “naif secara ekologis” – tidak takut pada manusia. Anda dapat melihat kukang lebih dekat daripada monyet yang dapat Anda lihat di Amazon. Lebih sedikit perburuan di sana. Mereka hanya memiliki pola pikir yang sedikit berbeda dari monyet. Anda memang dapat melihat banyak hewat dari dekat, yang benar-benar merupakan pengalaman istimewa. Jaug dari melihat safari di Afrika.



Laurel Neme: Tidak adakah perburuan?



Verreaux’s Sifaka (Propithecus verreauxi) di Isalo, Madagaskar, Oktober 2009. Foto oleh Rhett Butler.

Rhett Butler: Pasti lah ada perburuan. Saya tidak begitu yakin alasan [kenapa] mereka tidak terlalu takut pada manusia. Mungkin ada hubungannya dengan sebelumnya atau hal-hal alami. Anda bisa memperhatikan bahwa ini bukan juga seperti Galapagos kalau kaitannya dengan kemudahan untuk didekati, namun Anda dapat benar-benar dekat dengan banyak kukang – cukup dekat untuk melihat mereka dengan jelas.



Laurel Neme: Apakah film Madagaskar meningkatkan pariwisata ke, atau ketertarikan pada, negara tersebut?



Rhett Butler: Tidak terlalu jelas. Awalnya ada harapan. Di tahun 2004 ada ambisi besar untuk mengkaitkan film tersebut pada pariwisata di Madagaskar, namun saya pikir ada sedikit kekecewaan pada sebagian turis yang ke Madagaskar karena filmnya. Masalahnya, dalam kenyataan, Madagaskar membutuhkan 20 jam terbang dari Amerika Serikat. Sulit untuk berjalan-jalan, sebagian besar masyarakatnya tidak berbicara bagasa Inggris, itu adalah negara miskin, dan itu di luar pesisir Afrika. Ada banyak macam alasan untuk membuatnya bukan kunjungan yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan waktu. Saya pikir ini suatu kerugian besar. Menurut saya, secara garis besar, film itu telah meningkatkan kesadaran tentang Madagaskar. Banyak orang kini akan tahu bahwa Madagaskar adalah tempat yang nyata. Menurut saya, saat awalnya film itu muncul, masyarakat berpikir bagwa itu adalah tempat yang imajiner. Saya rasa itu baik untuk diketahui, mengingat keragaman margasatwa yang hidup di sana.



Laurel Neme: Apakah tempat-tempat yang paling menarik, atau kisah yang menarik dari kunjungan-kunjungan Anda ke tempat-tempat berbeda ini? Saya tahu Anda juga telah menghabiskan banyak waktu di Amazon.


Rhett Butler: Amazon adalah daerah yang menarik. Ada banyak pembangunan di bagian-bagian Amazon, namun luasnya Amazon tidak berubah secara esensial. Anda dapat terbang selama berjam-jam melintasi Amazon dan melihat hanya pepohonan. Namun sampai di daerah selatan, di daerah pinggiran, di perbatasan, ada banyak pembangunan skala besar yang sedang berlangsung. Kita berbicara tentang pembangunan besar-besaran. Ada pertanian industri yang berasal dari jantung Amerika ke Amazon, meluncurkan pertanian-pertanian yang sepuluh kali lebih besar dari yang mereka punya di Amerika Serikat. Ada perkebunan kedelai raksasa, dan skalanya benar-benar luar biasa. Saat saya meliput Amazon, saya bertemu dengan seseorang yang sangat menarik bernama John Carter. Dia awalnya merupakan peternak dari Texas. Dia pindah ke Amazon pada tahun 1996; dia pindah ke perbatasan dan mengalami masa-masa yang cukup gila di sana. Dia bukanlah seorang pemerhati lingkungan, namun perusakan di sekitarnya sangat hebat hingga ia merasa harus melakukan sesuatu. Ia memulai organisasi yang menurut saya satu di antara yang paling inovatif di Amazon. Mungkin ia memiliki salah satu kesempatan terbaik untuk memberikan dampak skala besar di masa depan pembangunan di Amazon dalam arti yang positif.



Laurel Neme: Apa yang ia lakukan? Negara mana tempat tinggalnya?


Rhett Butler: Dia di Brazil. Dia berusaha untuk mengajak para peternak hewan untuk menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi penggundulan hutan, daripada menjadi penjahatnya.



Laurel Neme: Bagaimana dia melakukannya?



Rhett Butler: Takdir dari 80% lahan hutan gundul di Amazon Brazil merupakan ladang rumput untuk hewan ternak. Pada dasarnya, Anda melihat penggundulan hutan yang disebabkan oleh peternakan hewan. Pertanyaannya adalah bagaimana untuk memutarbalikkan hal tersebut. John Carter sedang mengusahakan sistem sertifikasi yang akan menyediakan insentif untuk peternak hewan untuk meningkatkan performa lingkungan hidupnya.



Laurel Neme: Apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan sertifikasi?



Rhett Butler: Mereka harus menjaga paling tidak 50% dari tutupan hutan di lahan mereka, yang merupakan sesuatu yang tidak kita miliki di Amerika Serikat tapi merupakan hukum di Amazon Brazil. Meskipun itu hukum, namun penegakannya sangat rendah. Di dunia di mana pengaturan sangat rendah, John Carter berusaha membuat sistem untuk memastikan pelaksanaan peternak hewan. Di luar itu, ada pedoman lingkungan tambahan yang sedang dipromosikan oleh organisasinya.



Laurel Neme: Apa nama organisasinya?






Mato Grosso, Brazil, April 2009. Foto oleh Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Alianca da Terra – artinya Aliansi Bumi. [Organisasi ini membantu untuk] menurunkan penggunaan api dalam pembukaan lahan. Api di Amazon adalah masalah besar. Kebanyakan dari Amazon tidak terbiasa atas pembakaran, jadi api kecil hanya setinggi beberapa inci dapat menyebabkan banyak kerusakan jangka panjang pada hutan. Salah satu isu yang Anda lihat di Amazon adalah api di pertanian yang lolos ke hutan alami. Mereka menyebabkan kerusakan signifikan dan kebakaran yang selanjutnya benar-benar dapat merusak pepohonan itu. Ia berusaha untuk mengurangi penggunaan api sambil mendirikan brigade pemadam kebakaran untuk meredam api saat mereka benar-benar muncul. Mereka bekerja bersama dengan beberapa ilmuwan terdepan dunia dalam mempersiapkan pedoman lain untuk menjaga tutupan hutan di sepanjang jalan air, dan juga mendaftar peternakan. Bila Anda termasuk dalam daftarnya, makan peternak tersebut akan masuk dalam penginderaan lahan mereka. Ada semacam kapasitas pemantauan dibangun dalam sistem untuk memastikan masyarakat melaksanakan standar lingkungan hidup.



Laurel Neme: Apakah itu bekerja?



Rhett Butler: Inisiatif ini telah mengalami kemajuan dalam enam atau tujuh tahun dan sekarang sedang mencapai tahapan-tahapan akhirnya. Kita akan mendapatkan ide yang lebih baik bagaimana sistem tersebut bekerja sekitar satu atau dua tahun dari sekarang. Agak terlalu cepat untuk mengatakannya pada titik ini. Jika Anda melihat pada struktur mekanismenya, ada alasan baik untuk berpendapat bahwa itu akan mengubah banyak hal menjadi lebih baik, karena insentif ada di tempat yang sesuai.



Laurel Neme: Ke manakah hewan-hewan ternak ini ditujukan? Apakah untuk daging sapi?



Rhett Butler: Menurut sejarahnya di Amazon, kebanyakan peternak hewan sebenarnya berdasarkan spekulasi lahan atau hanya menetapkan klaim atas suatu lahan. Namun selama 10 tahun, ada beberapa perubahan besar dan lebih banyak hewan yang diternakkan di Amazon untuk produksi daging sapi dan kulit. Ini menjadi industri yang besar. Di Amazon Brazil saja, ada lebih dari 90 juta ekor hewan, yang ini hampir sebanyak hewan ternak di seluruh Amerika Serikat. Brazil saat ini adalah negara produsen hewan ternak terbesar di dunia dan eksportir dengan jumlah yang signifikan. Lebih dari itu, daging sapi memang dikonsumsi di domestik, tapi banyak juga yang diekspor ke Rusia, Cina, serta Eropa. Tidak begitu banyak [daging sapi] yang dikirim ke Amerika Serikat karena menurut saya kita mempunyai larangan untuk impor daging sapi segar dari Brazil, namun sebagian daging sapi Brazil berakhir dalam produk daging olahan di AS.



Laurel Neme: Ketika Anda di sana, apakah Anda melihat banyak margasatwa, beberapa makhluk yang sukar tertangkap seperti jaguar, atau apakah Anda berenang dengan lumba-lumba merah jambu?



Rhett Butler: Yeah! Saya telah melihat jaguar dan berenang dengan lumba-lumba merah jambu. Amazon tidak seperti safari Afrika; tidak sangat mudah untuk melihat hewan. Hewan cenderung untuk susah ditemui, dan saat mereka di sekitar, mereka cenderung bersembunyi dengan baik. Dengan begitu, mungkin saja untuk melihat beberapa hewan, terutama jika Anda meluangkan waktu untuk mencari mereka.



Laurel Neme: Tempat apakah yang terbaik untuk melihat margasatwa di Amazon?



Jaguar di Pantanal, Brazil, April 2009. Foto oleh Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Tempat terbaik untuk melihat margasatwa Amazon adalah agak di luar hutan hujan. Patanal, yang merupakan lahan basah raksasa di selatan Amazon – saya mengalami pengalaman yang luar biasa melihat jaguar di sana. Anda juga bisa menemukan hewan-hewan besar lainnya seperti tapir dan capybara, yang merupakan tikus raksasa. Mereka benar-benar terdapat di mana-mana di Pantanal. Saat Anda berada di Amazon itu sendiri, Anda akan lebih mungkin bertemu dengan makhluk-makhluk kecil seperti katak, kadal, serangga, dan burung. Tapi lebih mudah untuk melihat hewan besar di luar lingkungan hutan hujan.



Laurel Neme: Saya ke sana September lalu dan saya tidak berharap bertemu banyak karena itu yang akan Anda harapkan di hutan hujan terpencil seperti itu. Anda tidak melihat banyak, tapi itu luar biasa.



Rhett Butler: Banyak orang yang masuk dan kecewa karena harapan mereka ada di tempat yang berbeda. Anda tidak akan melihat banyak toucan bergabung dengan Anda untuk sarapan dan jaguar yang menangkap tapir di depan kamar Anda. Margasatwa ini cenderung untuk bersembunyi dan sukar ditemui. Jika Anda masuk hanya untuk mencari serangga dan mencoba menikmati seluruh pengalaman itu, maka mungkin ini pendekatan yang lebih baik dari pada berharap untuk perjalanan tipe safari Afrika.



Laurel Neme: Anda juga sudah pernah meluangkan waktu di Afrika. Apa yang Anda alami? Saya tahu Anda telah beberapa kali mengalami pengalaman gajah.



Rhett Butler: Yeah, saya mendapat dua pengalaman gajah yang mungkin saya memilih untuk tidak. Salah satunya terjadi di tahun 2007. Saya berada di Kenya bagian selatan, mengevaluasi wilayah untuk potensi ekoturisme. Di sana telah ada ekoturisme 20 tahun yang lalu, namun sekarang orang yang mengerjakan wilayah itu sedang ingin mendirikan kembali dengan dampak rendah, sebuah tour mengamati burung berbasis komunitas di wilayah hutan yang menarik tersebut. Jadi kami masuk ke hutan untuk berjalan-jalan sedikit dan melihat apa yang ada di hutan dan seperti apakah situasinya. Kami cukup cepat menyadari bahwa banyak gajah di hutan, berdasar pada banyaknya kerusakan pohon dan jumlah kotoran gajah di mana-mana. Kami melakukan pendakian panjang dan sedang pulang saat kami dikejutkan sekelompok gajah. [Mereka] mengarah ke kami dan mengejar kami untuk beberapa lama. Saya tak akan merincinya, namun salah satu pelacak terinjak gajah. Untungnya [dia] tidak terluka serius. Dia cukup pintar dalam merespon dan berhasil menghindari terluka akibat gadingnya. Dia terinjak kakinya, namun tanahnya sangat lembut sehingga dia tidak diremukkan, itu hanya menyebabkan beberapa lebam-lebam serius. Itu merupakan pengalaman yang cukup berarti dan benar-benar menunjukkan kekuatan hewan-hewan tersebut.



Gajah di Gabon, Juni 2006. Foto oleh Rhett A. Butler.

Ada pelajaran tentang pelestarian di pengalaman ini. Alasan kenapa banyak sekali gajah di wilayah ini adalah karena banyak pembukaan hutan saat ini di wilayah tersebut. Gajah-gajah ini dipindahkan ke bagian hutan yang makin dan makin kecil. Saat mereka kembali ke wilayah yang dulunya merupakan habitat mereka, mereka menemui pertanian. Lalu ada sumber konflik baru. Gajah akan memakan jagung-jagung seseorang dan kemudian masyarakat akan menyerangkan. Ini adalah sumber konflik bagi gajah. Anda mendapati gajah-gajah yang gelisah dipaksa ke wilayah yang semakin dan semakin kecil. Kami masuk ke tengah-tengah situasi itu. Meski begitu, itu adalah pengalaman yang menarik dan kami mendapat beberapa pelajaran darinya.



Laurel Neme: Kami mendengar pada sebuah episode The Wildlife tentang merica gajah yang di tanam di sekitar tanaman. Gajah membenci merica dan akan menjauhi tanaman. Apakah ada yang telah diperbuat di area ini untuk mengatasi konflik antar gajah-petani?



Rhett Butler: Sebenarnya saya yang memunculkan pendekatan merica gajah tersebut saat saya di sana dan mereka belum pernah mendengarnya. Mereka menyukai ide tersebut tapi tidak percaya itu akan berhasil. Tapi itu bisa dicoba! Akar dari konflik ini adalah adanya masyarakat yang menebangi hutan, yang merupakan habitat gajah. Anda bisa menggunakan merica gajah untuk melindungi dari mereka namun Anda masih mempunyai masalah akar yaitu hilangnya habitat. Ada terlalu banyak gajah dengan terlalu sedikit hutan. Ini situasi yang sulit. Mungkin merica gajah dapat berhasil di beberapa wilayah.



Laurel Neme: Apakah ada pariwisata untuk mencoba meluaskan habitatnya?



Sumatera, Indonesia, Mei 2010. Foto oleh Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Pengalaman turis kami saya pikir tidak sesuai untuk kebanyakan turis! Mereka mencari kemungkinan untuk mewujudkan pariwisata di sana yang dapat menjadi sumber pendapatan lain bagi penduduk setempat – mungkin menyeimbangkan biaya memiliki gajah di sekitar desanya. Ada aktivitas lain yang sedang dikembangkan, seperti memanen madu. Madu merupakan komoditas besar untuk suku setempat di wilayah ini. Metode panen mereka tidak begitu efisien, jadi beberapa orang luar telah datang dan memperkenalkan cara baru untuk memproduksi madu yang tidak terlalu merusak hutan. Ada juga beberapa industri lain seperti penghutanan kembali dengan pohon yang mereka gunakan untuk membuat tiang yang mengelilingi desa mereka. Alih-alih menghabiskan sumber alam kayu tersebut, mereka menumbuhkan milik mereka sendiri. Hal-hal seperti itu penuh dengan harapan, namun dalam jangka panjang, pariwisata dapat membantu jika Anda benar-benar bisa mendapatkan dukungan dan keterlibatan masyarakat ke dalamnya, sehingga itu benar-benar bisa menguntungkan.



Laurel Neme: Apakah Anda juga melacak gorila?



Rhett Butler: Saya telah mengunjungi gorila gunung di Uganda. Itu merupakan sebuah model yang menarik; bagus untuk pelestarian. Harga untuk melihat gorila sekarang ini sekitar USD 500 per hari untuk izinnya, yang jelas adalah uang yang sangat banyak. Ini sebuah masalah karena tidak bebas dan terbuka untuk semua orang, namun menghasilkan banyak uang untuk pelestarian gorila. Sebagian uang itu kembali pada masyarakat setempat melalui pembayaran langsung, namun juga menyewa penduduk setempat sebagai petugas patroli anti perburuan, porter, penjaga hutan, dan hal-hal yang berkaitan dengan alam. Keuntungannya adalah Anda mendapatkan uang untuk pariwisata berdampak rendah. Dengan begitu, Anda mendapat banyak dari sedikit pengunjung.



Rhett di Cina, September 2006.

Saya juga sudah melihat gorila di lingkungan yang tak terlalu terstruktur di Afrika Tengah/Barat. Mereka merupakan gorila dataran rendah, yang jauh lebih banyak, tapi menghadapi tren populasi yang agak berbeda. Mereka tak seperti gorila gunung, yang populasinya naik. Gorila dataran rendah terkena perdagangan hewan hutan, wabah Ebola, dan hilangnya habitat. Sementara mereka jumlahnya banyak, namun angkanya menurun. Pengalaman saya dengan gorila dataran rendah agak lebih liar. Saya dihadang silverback, yang merupakan pengalaman yang cukup menakutkan. Bertemu dengan hewan seberat 500-lb yang mencegat Anda, sambil beberapa kali memukul dadanya, cukup untuk membuat jantung Anda berpacu.



Laurel Neme: Di negara mana Anda berada saat itu?



Rhett Butler: Itu di Gabon. Saya bersama penjaga hutan setempat dan sialnya bagi saya, saya rupanya orang tertinggi sehingga saya tampak seperti pejantan dominan dari kelompok tersebut, meski itu bukanlah yang sebenarnya. Itulah bagaimana gorila tersebut melihat saya. Ia memilih saya sebagai pejantan yang ia ingin tunjukkan dominasinya. Itu merupakan pengalaman yang cukup merendahkan hati.



Laurel Neme: Apa yang Anda lakukan saat Anda dicegat silverback ini? Apakah Anda diam saja? Atau ikut memukul dada Anda juga? (tertawa)



Katak pohon gladiator (Hyla rosenbergi), Costa Rica, Maret 2009. Foto oleh Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Tidak, menurut saya itu ide yang buruk. (tertawa) Saya turun ke tanah. Saya berlutut dan menurunkan kepala dalam posisi tunduk. Itu menyelesaikan masalah. Saya tidak terluka dalam hal apa pun. Dia berlari melewati saya sambil memukul dadanya mungkin delapan sampai sembilan kali. Dia menurunkan kewaspadaannya dan kami semua cepat-cepat keluar. Kami saat itu sedang mendaki; kami tidak mencari gorila. Kami hanya bertemu dengan kelompok tersebut tanpa terduga. Itu bukanlah pengalaman yang direncanakan; itu sangat mentah.



Laurel Neme: Apa yang Anda lakukan di Gabon? Anda banyak bertemu dengan margasatwa [di sana], bukankah begitu?



Rhett Butler: Yeah, itu perjalanan pertama saya ke Lembah Kongo. Saya mengunjungi taman nasional di pesisir yang cukup terkelola dengan baik dan cukup terkenal. Namanya Loango. Mereka bahkan melangsungkan Survivor [acara TV] di sana beberapa tahun yang lalu setelah saya ke sana. Itu adalah pertama kalinya saya ke hutan hujan Kongo; jelas itu adalah pengalaman yang menarik. Anda akan lebih waspada saat Anda berjalan-jalan di hutan itu dari pada di Amerika Selatan atau Asia. Lebih banyak hewan yang bisa menangkap Anda di sana.



Laurel Neme: Apakah di sana juga banyak gajah? Saya dengar banyak penelitian yang dikerjakan di sana akibat perburuan liar.



Rhett Butler: [Taman itu] merupakan pusat penelitian utama untuk Lembah Kongo. Mereka memiliki gajah hutan di sana dan saya juga mempunyai pengalaman lain dengan gajah hutan pada kunjungan yang sama saat kami dicegat, tapi itu tidak sedramatis yang di Kenya. Setelah itu saya benar-benar belajar apa yang harus dilakukan ketika dicegat oleh gajah. Tentu saja di Kenya saya langsung lupa dengan semua itu.



Laurel Neme: Apa yang seharusnya Anda lakukan jika Anda dicegat oleh serombongan gajah?



Hutan hujan dan sungai di Kolumbila. Foto oleh: Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Ada pendekatan yang berbeda-beda. Yang paling gampang mungkin adalah bersembunyi di belakang pohon yang sangat besar. Itu yang saya coba lakukan di Kenya tapi sialnya pohon-pohonnya tidak ada yang cukup besar. Pohon kecil akan dilibas begitu saja oleh gajah, sehingga itu tidak akan banyak membantu Anda. Hal lainnya yang saya diberi tahu adalah Anda bisa berdiri sangat diam, yang mana, jika seekor gajah mencegat Anda, mungkin agak lebih menantang untuk dilakukan. Anda juga bisa melempar sesuatu agar gajah itu mengejarnya, seperti sweater atau jacket, dan tunggulah gajah [menyerang obyek itu] sambil berdiri diam. Saya tidak akan melakukan kedua pendekatan itu di kenyataan karena jika Anda menemui beberapa ton gajah berlari ke arah Anda akan sangat sulit untuk berdiri diam atau memiliki kesadaran atau pemikiran untuk mengalihkan perhatian gajah dengan melempar jaket atau sesuatu. Saya hampir pasti selalu melakukan pilihan yang pohon jika memungkinkan. Di Gabon, Anda dapat juga bersembunyi di akar-akar pohon palem yang tinggi. Sebagian orang menyebutnya “pohon pelindung gajah” karena Anda dapat bersembunyi di dalamnya dan gajah tidak dapat menyakiti Anda.



Laurel Neme: Apakah ada ular atau yang lainnya yang bersembunyi di pohon palem yang tinggi itu? Saat Anda mencari perlindungan dari gajah…



Rhett Butler: Itu mungkin tidak akan terjadi saat Anda lari dari gajah. Sialnya, opsi yang mungkin berhasil di beberapa kasus adalah hanya lari secepat-cepatnya dari semua orang. Tapi itu tidak bisa untuk gajah karena saya percaya mereka lari lebih cepat dari orang.



Laurel Neme: Apakah pernah terjadi pada Anda bahwa gajah tidak menyukai Anda begitu saja? (tertawa)



Rhett Butler: (tertawa) Well, saya hanya mempunyai dua pengalaman itu. Tidak di satupun kasus kami mendekati gajah dan melakukan sesuatu yang tidak seharusnya kami lakukan. Kali kedua kami benar-benar diserbu dan dikejutkan oleh gajah-gajah itu dan pada saat yang pertama ada anak gajah di sekitar mereka; saya tidak yakin dengan apa yang telah terjadi. Tidak di kedua kasus itu kami sedang mencoba mencari gajah. Mereka menemukan kami.



Laurel Neme: (terkikik) Jadi Anda tidak memasukkannya ke dalam hati?



Rhett Butler: (tertawa) Tidak.



Laurel Neme: Menurut saya, Anda telah melakukan beberapa wawancara yang sangat menarik. Sangat menyenangkan untuk melakukan semua itu. Saya penasaran apakah ada wawancara tertentu yang sangat berkesan?


Rhett Butler: Saya telah melakukan beberapa wawancara dengan Dan Nepstad yang bekerja dengan Woods Hole Research Institute. Dia adalah ahli tentang Amazon. Apa yang menarik tentang Dan adalah dia melakukan baik yang makro maupun yang mikro. Dia memperhatikan seluruh ekosistem dan kemudia dia juga melihat elemen-elemen yang sangat kecil di ekosistem. Dia melakukan rangkaian penelitian yang berbeda-bedan dan luas yang sangat berkaitan gambaran besar masalah Amazon. Dia orang yang bekerja dengan John Carter, peternak hewan dari Texas, yang saat ini mengembangkan skema sertifikasi untuk meningkatkan performa lingkungan peternakan hewan. Usaha itu adalah kolaborasi dari mereka berdua. Tapi Dan juga mengamati dampak jangka panjang perubahan iklim, terutama kekeringan di Amazon. Apa yang ia temukan cukup menakutkan: hanya beberapa tahun kekeringan dapat membuat hutan rentan terhadap kebakaran hutan dan mati karena tekanan. Ini meningkatkan banyak keprihatinan. Namun Dan juga berharap pada potensi pengurangan dampak dari tipe-tipe aktivitas tertentu di Amazon, seperti sistem sertifikasi. Dia juga memperhatikan pembayaran untuk pelayanan ekosistem. [Dia] mencari nilai karbon dan juga air di Amazon dengan harapan menyediakan insentif bagi pemilik lahan agar tidak menebang hutannya. Wawancara saya dengannya benar-benar berkesan. Saya juga mengalami wawancara yang sangat menarik dengan Andrew Mitchell dari Global Canopy Programme. Dia seorang ilmuwan, tapi menjadi sangat tertarik dengan konsep pembayaran untuk pelayanan ekosistem. Sama, tujuannya untuk membuka nilai dari ekosistem, namun dalam kasus ini terutama untuk hutan sebagai entitas yang hidup dan sehat. Sebagai contoh, menemukan nilai dari air yang mereka sediakan, pengendali erosi, karbon yang mereka simpan, dan hal-hal ini yang secara umum diambil begitu saja dari ekosistem di sekitar kita namun sebenarnya memiliki nilai yang nyata dan jelas.



Laurel Neme: Dalam hal Mongabay dan meliput aktivitas semacam ini, karena hal-hal ini tidak diketahui secara luas di tempat lain, saya penasaran dengan dampak atau keuntungan umum menjadi sumber berita online.



Rhett Butler: Fokus besar dari Mongabay adalah pendidikan dan pencapaian. Saya memiliki sebuah situs untuk anak-anak yang telah ada selama enam atau tujuh tahun yang sampai kepada banyak anak setiap bulannya. Saya telah melakukan usaha yang cukup besar untuk menjadikan situs ini tersedia dalam berbagai bahasa. Ini sekarang memiliki 33 bahasa. Idenya adalah untuk menjadikan informasi ini bisa diakses dengan bebas sebisa mungkin pada semua orang. Saya memiliki PDF [dari halaman web] sehingga mudah untuk mencetak satu dan menyerahkannya pada sekolah-sekolah. Saya benar-benar telah bertemu dengan orang-orang di lapangan yang memiliki materi Mongabay di cetak untuk anak-anak di desa pedalaman.



Laurel Neme: Itu pasti sangat menggembirakan!



Rhett di Vermont, September 2008.

Rhett Butler: Yeah, itu terjadi di Madagaskar dan Thailand. Sangat mengejutkan saat saya melihatnya. Itulah inti keseluruhan dari apa yang saya kerjakan; itulah komponen pendidikan Mongabay. Saya berencana di musim panas ini untuk melakukan lebih banyak pekerjaan pada wilayah tersebut dan mengajak beberapa guru untuk membantu usaha saya. Ini adalah saru dari beberapa proyek yang belum terlalu jelas di situs web. Namun, dalam hal keuntungan on-line, biaya produksi jauh lebih rendah. Sangat mudah untuk menyebarluaskan informasi dan memperbaharuinya. Saya dapat kembali dan meningkatkan situs anak-anak saat lebih banyak penelitian tersedia atau saya mendapat tanggapan balik dari guru-guru. Saat saya berkelliling, saya melihat bahwa penggunaan internet benar-benar meluas di dunia. Ada akses yang lebih baik di tempat-tempat yang sebelumnya sangat terpencil. Seseorang akan memiliki telepon genggam yang dapat mengakses internet. Jadi, situs ini adalah situs yang sangat mendasar. Tidak ada Flash, hanya kode-kode HTML yang sangat sederhana, terutama di situs anak-anak. Ini cenderung untuk diakses dengan cepat di lingkungan dengan bandwith yang terbatas. Itulah salah satu tujuan dari situs ini, untuk bisa diakses oleh sebanyak mungkin orang, terutama di bagian anak-anak.



Laurel Neme: Apakah Anda melihat lebih banyak kompetisi untuk situs semacam ini? Selama tahun-tahun ini, terutama baru-baru ini, Anda melihat banyak reporter lingkungan yang kehilangan pekerjaan dan organisasi berita yang besar beralih pada hanya edisi online atau sepenuhnya hancur. Bagaimana efek resesi terhadap situs ini?



Hingga kini, serangga pelompat-daun yang belum teridentifikasi dari Suriname. Foto oleh: Rhett A. Butler.

Rhett Butler: Ada dua isu di sini. Dalam hal kompetisi, saya tidak meluangkan banyak waktu untuk mengamati situs-situs web. Saya terlalu sibuk; saya tidak tahu dengan baik lanskap kompetitif atas Mongabay. Saya memperhatikan lebih banyak situs berorientasi ramah lingkungan di luar sana. Mereka sepertinga menghilang akibat resesi ini, namun saya tidak tidak terlalu khawatir dengan kompetisi tersebut. Tujuan Mongabay adalah untuk mencapai keluar dan menyebarkan kesadaran. Jika makin banyak situs yang menyebarkan kesadaran mengenai isu lingkungan hidup – dan melakukannya secara akurat, jika mereka tidak melakukannya secara akurat itu menjadi masalah – maka, mereka hanya di luar sana untuk menyebarkan berita, maka itu bagus. Itu misi Mongabay – untuk melakukan pencapaian.



Dalam hal resesi, ini memiliki dampak besar bagi Mongabay. Sepertinya banyak jaringan periklanan ramah lingkungan dan juga situs yang berorientasi ramah lingkungan tutup atau melakukan kemunduran karena, dari sudut pandang saya, saya telah melihat penurunan besar di bidang periklanan. Saya pikir ada pengurangan umum dalam pengeluaran untuk iklan terutama di sektor ramah lingkungan. Seiring ekonomi memburuk, masyarakat mengeluarkan sedikit uang untuk produk ramah lingkungan yang lebih mahal. Saya melihat kejatuhan besar di bidang periklanan di akhir 2008. Saya hidup dengan sangat sederhana dan pengeluaran saya cukup rendah, jadi tidak terlalu sulit bagi saya untuk tidak mengambil gaji selama beberapa bulan. Tidak sulit bagi saya untuk menyimpan uang dan menggunakannya dengan bijak. Namun jika saya adalah perusahaan besar dengan penggajian besar, ini jelas akan menjadi waktu yang sulit. Sebagai pekerjaan kecil saya bisa untuk tidak menarik gaji selama enam bulan dan terus berjalan, tapi kalau Anda memiliki 10 atau 20 pekerja, itu akan lebih sulit, saya pikir.



Laurel Neme: Apa yang telah diajarkan oleh pengalaman Anda dengan Mongabay terhadap Anda, atau apa yang bisa ia ajarkan pada orang laing di bisnis berita lingkungan? Mongabay memiliki eksposur besar. Sepertinya banyak jurnalis lingkungan yang bergelut dengan eksposur dan membuatnya menjadi perusahaan ekonomi yang dapat terus hidup, sambit mencari informasi dari luar sana dan menempatkannya dengan benar. Sepertinya banyak konten informasi yang meledak, [seperti blog], namun keakuratan informasinya belum terlalu sesuai.



Rhett di Darien Kolombia, Maret 2010.

Rhett Butler: Ada banyak penulisan ulang. Jika orang menuliskan ulang, kadang kala mereka salah mengartikannya. Saya frustasi setiap melihat konten Mongabay disalahartikan. Perinciannya dihilangkan sehingga membuat kontennya tidak akurat. Ada banyak informasi yang hilang di sana. Saya terpana dengan kolumnis-kolumnis koran yang bisa menulis sesuatu yang sangat tidak akurat dan tidak ada dampaknya. Mereka telah menciptakan kolom dan mereka pada dasarnya dapat membuat apa yang mereka inginkan dari prespektif keilmuan dan membiarkannya seperti konten yang sah. Membuat saya terheran-heran atas tidak adanya sistem pemeriksaan, atau cara untuk menjaga ketertibannya, atau memberikan dampak pada kolumnis ini. Anda dapat melihat banyak dari tulisan tentang perubahan iklim. Di Amazon ada skandal “Amazon-gate”, yang, dari yang saya lihat, tidak ada skandal. IPCC mengutip laporan dari WWF, yang tidak seharusnya mereka lakukan, mereka seharusnya mengutif penelitian ilmiahnya karena tidak ada salahnya dengan menuliskan penelitian ilmiah, namun sekarang ini telah dibiarkan seperti sebagian skandal besar. Para kolumnis yang menulis tentang isu ini mengartikan fakta-faktanya dengan salah. Mereka jelas tidak melihat penelitian aslinya, mereka hanya memutar-mutar hal itu. Ini membingungkan pikiran. Tidak ada akibatnya bagi mereka. Mereka tetap menulis kolom-kolom ini. TIdak ada alasan bagi mereka untuk berhenti jika mereka tidak diberi peringatan. Maksud saya, mereka diberi peringatan tentang itu melalui blog-blog, namun pembaca mereka jauh lebih besar dari mereka yang membaca blog-blog tersebut.



Laurel Neme: Jika seseorang ingin masuk ke pekerjaan menulis tentang alam liar, nasihat apa yang akan Anda berikan bagi mereka?



Rhett Butler: Dari sudut pandang keuangan, memulai sebuah blog ini merupakan usaha yang penuh tantangan. Ekonomi sedang tak terlalu baik saat ini. Saya akan jujur; ini lingkungan yang sulit. Saya jelas tidak akan melakukannya untuk uang.



Laurel Neme: Itu nasihat yang bagus!



Rhett di Madagaskar.

Rhett Butler: Jika Anda benar-benar memiliki hasrat tentang masalah ini, dan senang untuk mengejarnya karena Anda memiliki hasratnya, maka itu bagus. Jika Anda merupakan penulis yang baik dan bisa menceritakan kisah dengan baik, maka memulai blog bisa menjadi cara yang baik untuk benar-benar mendapatkan pekerjaan yang ada bayarannya di temat lain. Jika Anda memiliki pembaca, maka Anda mungkin bisa memiliki pekerjaan freelance, menulis buku, menempel pada organisasi berita, atau bahkan bergabung dengan kelompok pelestarian yang sedang mencari orang untuk menceritakan kisah mereka dengan baik. Saya tentu akan mendorong orang-orang untuk mengembangkan tulisan mereka dan mencari cerita. Memulai situs web atau blog, namun perlu disadari bahwa itu mungkin tidak akan menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Anda sebaiknya mencari potensi manfaat lain daripada mendapatkan uang dari menjalankan situs web. Dari pengalaman, ini bukanlah usaha yang super menguntungkan. Saya belum mendapatkan uang dari menjalankan Mongabay dalam hitungan per tahun sebanyak yang saya dapat saat pertama kali saya lulus dari sekolah untuk bergabung dengan konsultan saat saya berusia dua puluh tahun. Saya jelas tidak di sini untuk uang.


Exit mobile version