Site icon Conservation news

Ukuran panjang pertama yang didapatkan dari ular laut raksasa dari kedalaman: oarfish

Para peneliti telah mendapatkan apa yang mereka percaya sebagai ukuran panjang pertama dari oarfish, spesies yang kemungkinan melatarbelakangi kisah-kisah legenda mengenai ular raksasa.



Jauh di dalam teluk Meksiko, peneliti memotret oarfish yang sedang berenang (Regalecus glesne) untuk beberapa menit. Mereka menangkap ukuran panjang ini menggunakan kendaraan yang dioperasikan dengan remote (ROV) yang disediakan oleh perusahaan minyak yang melakukan pengeboran di teluk tersebut.



Oarfish ini tampak berenang di bawah rig minyak semi-submersibel terbesar di dunia, dinamakan Thunderhorse. Ini terpisah dari proyek Serpent di mana perusahaan minyak meminjamkan peralatan pada peneliti.



“(Ini) memberikan kesempatan yang menyenyangkan untuk mempelajari lebih banyak mengenai kehidupan dikedalaman Teluk Meksiko. Bahwa kami menemukan oarfish saat melakukannya, itu adalah bonus yang fantastik,” Professor Paul Benfield mengatakan pada BBC.



Para ilmuwan percaya bahwa warga di kedalaman ini kemungkinan yang melatarbelakangi legenda ular raksasa. Oarfish paling sering terlihat datang ke perairan dangkal untuk mati atau terdampar ke pantai dan mati.



Salah satu dari ikan terpanjang di dunia, panjang oarfish dapat mencapai 55 kaki (17 meter). Ikan ini memiliki sirip di sepanjang punggungnya, memberinya bentuk seperti ular laut berduri. Mereka jarang ditangkap nelayan.







Oarfish yang terdampar di daratan Pantai Bermuda di 1860. Hewan itu sepanjang 16 kaki dan dideskripsikan sebagai ular laut raksasa. Ilustrasi oleh: Harper’s Weekly, 1860.









Reportase berita dari Discovery Networks tentang ukuran panjang oarfish.


Exit mobile version