Site icon Conservation news

Bill Gates: larang batu bara dan berinvestasi di teknologi energi bersih

Planet membutuhkan “keajaiban energi” untuk mengatasi tantangan ganda dari memenuhi permintaan energi dan mengatasi perubahan iklim, ujar penemu Microsoft Bill Gates dalam pidato Jumat di Konferensi TED di Long Beach, California.



“Yang akan harus kita lakukan dalam skala global adalah menciptakan sistem baru,” ungkap Gates. “Sehingga kita membutuhkan keajaiban energi.”



Hanya beberapa minggu setelah yayasannya menjanjikan USD 10 milyar untuk penelitian dan distribusi vaksin, Gates berkata bahwa menemukan sumber energi yang bersih dan murah seharusnya menjadi prioritas yang lebih tinggi daripada menciptakan vaksin varu dan meningkatkan teknik pertanian.



Gates berkata bahwa dunia perlu untuk mengurangi emisi karbon hingga nol pada tahun 2050 dan menyarankan peneliti untuk mengisi 20 tahun ke depan dengan mengembangkan teknologi baru dan 20 tahun berikutnya menerapkannya. Dia mengatakan batu bara dan gas alam harus dihapus pada tahun 2050 dan menggunakan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon dan angin, fotovoltaik dan panas solar, dan tenaga nuklir. Menurut CNN, Gates berfokus pada memproses kembali limbah reaktor menjadi energi.



“Sebutir molekul uranium memiliki jutaan kali energi lebih banyak daripada sebutir molekul batubara,” ucapnya. “Dalam energi, [potongan bahan bakar uranium yang telah terpakai] bisa menyelesaikan masalah.”



Gates memperkirakan potongan bahan bakar yang telah terpakai di Amerika Serikat dapat memberikan tenaga kepada negara untuk 100 tahun. Dia menambahkan menyaring uranium dari air laut bisa menjadi sumber energi yang sangat besar.


Exit mobile version